Hiduplah di Antara Keduanya.

Sebuah hubungan ikatan bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari. Well, ada bagian-bagian tersendiri tentunya. Teman, sahabat, pasangan, keluarga, teman selewat, partner kerja, atasan, bawahan, tetangga, you name it. Ada aturan dan etika tak tertulis yang mengatur masing-masing hubungan tersebut. Kita memang tidak pernah benar-benar sendiri, namun sesungguhnya mereka juga tidak benar-benar ada. Hiduplah di antara keduanya.

Saya telah sampai pada masa bahwa sendiri tidak lebih baik dari bersama. Tapi juga kebersamaan dan ketergantungan juga bukanlah sesuatu yang baik jika dosisnya tidak tepat dan timbal balik. Berlaku adil pada diri sendiri adalah perkara paling sulit. Karena kerap kali kita tidak mau dipandang pelit.

Semoga saya dan kalian mampu menjadi adil. Mampu membagi rasa. Mampu menjadi individu yang seimbang antara hak dan kewajiban. Mampu memberi dan menerima tidak berdasarkan ego. Mampu memisahkan harga diri dan kesombongan. Mampu mencintai diri sendiri tetapi tetap menghargai orang lain. Mampu menjadi baik dan buruk dengan kesadaran penuh. Mampu menerima kekurangan tanpa terlalu menyombongkan kelebihan. Hiduplah di antara keduanya.

xo,

S

Leave a Reply